Senin, 02 Agustus 2010

Serunya Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Mengadakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS setiap tahun adalah rutinitas tahunan yang dilaksanakan semua sekolah. Begitu pula yang dilakukan SMPN 4 Tanasitolo. Namun ada yang tampak berbeda di sekolah ini, yakni agenda kegiatan Pemaparan Visi dan Misi para kandidat yang disajikan dalam bentuk debat. Acara ini berlangsung seru di bawah panduan moderator Abdullah, S.Pd. dengan gaya teaterikalnya yang khas. Hal inilah yang membuat animo para kandidat dan siswa lainnya semakin tinggi mengikuti kegiatan ini.

Di saat acara berlangsung, berbagai keunggulan yang dipaparkan oleh para kandidat untuk menarik para warga SMPN 4 Tanasitolo agar memilihnya pada pemilihan yang akan digelar pada tanggal 4 Agustus 2010 mendatang. Selain visi dan misi, para kandidat pun mengeluarkan jargon untuk lebih menarik aspirasi dan apresiasi siswa.
Dalam debat ini, tampil sebagai panelis, yakni (1) Drs. Aco Karumpa, M.Pd. selaku Kepala SMPN 4 Tanasitolo, (2) Tato, S.Pd. selaku Urusan Kesiswaan, dan (3) A. Indrawansah, S.Pd. yang mewakili dewan guru. Debat dilaksanakan dengan sistem tematik dengan mengangkat dua topic, yakni (1) arah dan kebijakan visi dan misi serta program kerja yang disusun, dan (2) pemahaman tentang keorganisasian, khususnya OSIS dan organisasi-organisasi yang berdampingan dengan OSIS, seperti Pramuka, PMR, dan Sispala.

Selain dari panelis, moderator juga mempersilahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan kepada kandidat. Bahkan Ardi, salah seorang peserta, meminta kesediaan para calon ketua dan wakil ketua OSIS untuk mundur dari jabatannya jika tidak mampu melaksanakan program kerjanya dalam waktu tiga bulan. Tak kalah serunya Hadi Gunawan pun mengajukan pertanyaan tentang sikap para kandidat jika tidak terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS. Jawaban para kandidat pun hampir sama yakni siap menerima tantangan yakni mundur dari jabatan jika tidak mampu melaksanakan program kerja unggulannya dalam waktu tiga bulan. Para kandidat pun menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan kandidat terpilih jika dirinya dinyatakan tidak terpilih.

Hal yang lebih menarik dari proses pelaksanaan pemaparan visi dan misi yaitu munculnya tantangan dari bapak Amkayus, S.Pd., M.Pd. (Wakil Kepala SMPN 4 Tanasitolo) kepada keempat kandidat dan para konsultan, yaitu setiap kandidat yang menjadi kandidat terbaik dalam cara memaparkan visi dan misi dan menjawab pertanyaan dari para siswa, akan diberikan hadiah berupa baju seragam sekolah, sedangkan para konsultan terbaik dalam hal memberikan arahan-arahan dalam proses pemaparan Visi dan Misi akan diberi hadiah berupa kain sutra.

Hal itulah yang menambah antusias para kandidat dan konsultan untuk menampilkan yang terbaik. Voting untuk menentukan kandidat terbaik dalam hal pemaparan visi dan misi maupun konsultan terbaik dilaksanakan pada akhir acara. Hasil voting menunjukkan pasangan nomor urut 2 (Nahar) mendapat apresiasi tertinggi dari siswa-siswi sebagai penilai sedangkan konsultan terbaik adalah Ilham saputra. S.Pd. yang juga merupakan konsultan nomor urut 2 (Nahar).

Visi dan Misi Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMPN 4 Tanasitolo Periode 2010/2011

Kandidat 1 (Riswan-Randi)
Visi:
Menuju Sekolah yang Bersih, Sehat, dan Berakhlak
Misi:
1. Meningkatkan kemampuan dan bakat siswa
2. Mewujudkan prestasi yang membanggakan potensi belajar siswa
3. Meningkatkan kesadaran siswa dalam proses pembelajaran

Kandidat 2 (Nova-Hardianti)
Visi:
Menjadikan SMPN 4 Tanasitolo sebagai Sekolah yang Andal dan Mengebangkan Sikap Disiplin Siswa agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran dengan Baik
MIsi:
1. Meningkatkan imtak dan kepedulian terhadap lingkungan
2. Mengadakan kegiatan untuk menunjukkan kreatifitas siswa SMPN 4 Tanasitolo
3. Menjadikan OSIS sebagai contoh kedisiplinan siswa
4. Ikut serta dalam kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan

Kandidat 3 ( Harisanto-Ambo Enre)
Visi:
Menjadi yang Terdepan di Segala Bidang Baik Akademik Maupun Nonakademik di Bawah Bimbingan SMPN 4 Tanasitolo
Misi:
1. Menambah wawasan siswa dengan cara menggunakan teknologi internet.
2. Menumbuhkan jiwa demokrasi dalam diri seorang siswa
3. Mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan di luar maupun di dalam sekolah
4. Meningkatkan kinerja serta kerja sama khususnya dalam organisasi siswa

Kandidat 4 (Aisyah-Anggie)
Visi:
1. Menjadikan SMPN 4 TANASITOLO sebagai yang termotifasi dari kegagalan
2. Menjadikan siswa yang beriman, sehat dan cerdas
3. Dengan membaca buku, maka buku akan menjadi sahabatmu
Misi:
1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sebagai umat Islam
2. Mengadakan kegiatan sore ataupun kegiatan ekstrakulikuler untuk menambah wawasan mengembangkan serra kreativitas
3. Meningkatkan pembelajaran siswa yang berdemokrasi untuk masa depan
4. Menambah wawasan siswa tentang dunia maya yang disebut internet
5. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan sekitar
6. Memberdayakan perpustakaan sebagai gudang ilmu dan mennumbuhkan minat baca siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar