Jumat, 22 Oktober 2010

Simulasi Materi Persidangan Lahirkan AD/ART OSIS

SMPN 4 Tanasitolo telah melakukan kegiatan Upgrading dimana para pengurus OSIS SNPN 4 Tanasitolo akan dibekali tentang cara menjalankan tugas dan belajar tentang tata cara kepemimpinan dan dan tanggung jawabnya sebagai pengurus yang mewakili semua siswa.
Dalam pelaksanaan kegiatan Upgrading ini, panitia menyajikan 5 materi, yakni Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan kepengurusan dalam organisasi. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan agar semua pengurus OSIS memahami tugas; Administrasi dan Kesekretariatan; Pembinaan OSIS; Keprotokoleran, dan Persidangan. Salah satu materi yang menarik perhatian pengurus OSIS selaku peserta yaitu materi Persidangan. Dalam materi ini, pemateri tidak hanya menyajikan materinya secara teori, tetapi juga melibatkan peserta secara langsung melakukan proses persidangan seperti sidang-sidang pada umumnya yang diadakan oleh organisasi.
Materi Persidangan termasuk materi terpanjang dalam pelaksanaan Upgrading tersebut karena dilaksanakan selama 3 hari dari total 7 hari kegiatan, mulai hari Jumat, tanggal 24 sampai dengan hari Minggu, tanggal 26 September 2010. Hal yang berbeda dalam penyajian materi ini adalah adanya kegiatan simulasi persidangan mulai dari sidang komisi sampai pada sidang pleno.
Untuk melaksanakan sidang komisi, peserta dibagi menjadi 3 komisi dan diberi materi sidang berupa poin-poin dalam rancangan AD/ART OSIS. Komisi A membahas nama, tempat, waktu, sifat, asas, dan tujuan. Sidang komisi ini dilaksanakan pada Sabtu sore dan dilanjutkan dengan sidang pleno pada malam hari. Proses sidang pleno berjalan alot karena diwarnai dengan debat antarkomisi, bahkan pembina selaku peserta peninjau pun tidak ketinggalan mengemukakan pendapatnya. Hal ini menyebabkan pembahasan AD/ART OSIS tidak dapat dirampungkan dan Harisanto yang juga ketua OSIS selaku pemimpin sidang men-skorsing sidang hingga hari Minggu pagi.
Walaupun hanya simulasi, namun hasil sidang tersebut direkomendasikan untuk disahkan sebagai AD/ART OSIS SMPN 4 Tanasitolo. Dengan demikian, OSIS SMPN 4 Tanasitolo dibawah pimpinan Harisanto telah memiliki AD/ART.
Ditemui setelah proses persidangan, Abdullah, S.Pd. selaku pemateri Persidangan yang juga membawakan materi Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan, mengungkapkan alasannya mengadakan simulasi persidangan dengan agenda sidang AD/ART OSIS. “Hal ini dilakukan untuk mensinergikan antara materi Persidangan dengan materi Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan yang telah diberikan sebelumnya. Dalam materi Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan, telah dijelaskan bahwa sebuah organisasi seharusnya memiliki AD/ART sebagai pedoman dalam menjalakan organisasi tersebut. Untuk itu, OSIS SMPN 4 Tanasitolo harus memiliki AD/ART. Salah satu jalannya adalah dengan melakukan sidang untuk membahas AD/ART tersebut. Olehnya itu, melalui simulasi materi Persidangan inilah, peserta diarahkan untuk melakukan sidang sekaligus membahas AD/ART.” Ungkap pemateri yang juga pembina Buletin NARASI ini.

Kutipan AD/ART OSIS "ABBATIRENG" SMPN 4 Tanasitolo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar