Jumat, 22 Oktober 2010

OSIS SMPN 4 Tanasitolo Selenggarakan Upgrading

Pada tanggal 20 s.d. 26 september 2010 di SMPN Negeri 4 Tanasitolo Andalan Kab. Wajo melaksanakan kegiatan upgrading guna menambah wawasan kepimimpinan pengurus OSIS ”ABATIRENG”. Kegiatan ini melibatkan seluruh pengurus OSIS “ABATIRENG”.
Materi-materi yang disajikan dalam upgrading ini berkaitan dengan pengelolaan organisasi, yakni Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan; Administrasi dan Kesekretariatan; Pembinaan OSIS; Keprotokoleran; dan Persidangan. Sistem pelatihan yang diberikan memadukan antara teori dan penerapannya. Setiap materi diberi waktu simulasi untuk memberi kesempatan kepada peserta mempraktikkan materi yang telah diterima.

Dalam materi Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan, bentuk penerapan yang diberikan adalah melalui permainan outbond. Dalam permainan tersebut, salah seorang peserta bertindak sebagai pemimpin untuk kelompoknya masing-masing. Di sinilah diuji kemampuan memimpin dan manajemen organisasi yang dimiliki.
Dalam materi administras dan kesekretariatan, bentuk penerapan yang di berikan adalah para peserta Upgrading diberi tugas untuk membuat agenda surat dan buku induk. Di sinilah diuji kemampuan para peserta dalam keadministrasian dan kesekrekariatan yang dimiliki.

Dalam materi keprotokoleran, bentuk penerapan yang diberikan adalah para siswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan cara menyusun agenda acara dalam suatu kegiatan mulai dari tahap perencanaan sampai akhir. Selain itu, peserta juga mempraktikkan cara menjadi pembawa acara, MC, moderator, notulis.
Dalam materi persidangan, bentuk penerapan yang diberikan adalah peserta upgrading diberi kesempatan mempraktikkan cara-cara memimpin sidang secara bergantian. Tidak hanya itu, peserta juga dibagi menjadi tiga komisi dan melaksanakan sidang komisi di tempat yang berbeda. Setelah itu, semua komisi berkumpul mengadakan sidang pleno.

Aisyah, salah seorang peserta, mengungkapkan bahwa pada awal mengikuti upgrading, ia merasa tegang tetapi lama kelamaan dia merasakan banyak manfaat dan menambah wawsan keorganisasian karena pemateri menyajikan materi dengan jelas dan terarah. Bukan hanya pengurus OSIS yang terlibat dalam kegiatan ini, melainkan juga siswa kelas IX dilibatkan sebagai moderator dan notulis. Siswa kelas IX yang dilibatkan pun mengaku senang karena mendapat kesempatan untuk tampil berbicara di depan orang banyak. Hal-hal seperti inilah yang senantiasa ditunggu-tunggu oleh siswa SMPN 4 Tanasitolo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar